16 January, 2016

Flappy Bird

Flappy Bird adalah Game Mobile pada tahun 2013, yang dibuat oleh orang Vietnam Nguyễn Hà Đông (Dong Nguyen) dan dipulikasi oleh GEARS Studios, pengembang game kecil di vietnam. Game ini bergerak menyamping dimana pemain mengatur seekor burung, untuk dapat terbang diantara sekumpulan pipa hijau tanpa mengenai pipa tersebut. Pengembang membuat game tersebut dalam beberapa hari, menggunakan seekor burung protagonis yang dia telah buat pada game tidak jadi pada tahun 2012.

Flappy Bird tidak meluncur secara populer. Game ini dirilis pada 23 mei 2013 dan bertahan di sekitar posisi 1000 pada urutan download di minggu pertama sebelum jatuh pada chart. Dan naik drastis pada 17 januari 2014 8 bulan setelah rilis, dan 4 bulan setelah pembaruannya, flappy bird langsung berada pada no. 1.

Pada kesuksesan tertunda yang tak terbayangkan ini, faktanya dong nguyen si pembuat game tidak pernah mempromosikan game ini. Dalam wawancara pendek dengan Elaine Heney dari Chocolate Lab Apps(wawancara yang hanya disetujui oleh dong nguyen sejak fenomena ini mulai), pembuat game berkata “I didn’t use any promotion methods. All accounts on Twitter, Facebook and Instagram about Flappy Bird are not mine. The popularity could be my luck.” (“Saya tidak menggunakan metode promosi apapun. Semua akun Twitter, Facebook dan Instagram tentang Flappy Bird bukan milik saya. Popularitas ini mungkin  keberuntungan saya.”) Ketika keberuntungan adalah sebuah pernyataan yang mudah pada kesuksesan yang tiba-tiba, dan beberapa analisis keajaiban jika Nguyen menggunakan cara licik, alasan popularitas Flappy Bird lebih sederhana yaitu game itu sendiri dan bagaimana fitur tersebut berada pada social media.

Tidak ada batasan. Flappy Bird 100% gratis untuk didownload dan dimainkan dengan tidak ada pembelian dalam aplikasi tersebut. Gamenya hanya berukuran 2,2 MB pada iOS App Store, yang merupakan game yang sangat kecil dipasaran yang rata-rata 23MB. Waktu antara mendengar tentang Flappy Bird, mendownloadnya, dan bermain itu sepele.

Transparan. Tidak ada kebingungan apa yang didapat dari Flappy Bird. 3 screenshot dan 3 arahan telah Nguyen tambahkan dalam store adalah keseluruhan game tersebut. Tidak ada pada halaman Flappy Bird yang mengharuskan untuk berhenti dan membayangkan apa yang akan didapatkan sebelum menekan tombol ‘install’.

Familiar. Salah satu kekurangan Flappy Bird adalah kemiripan dengan game lain, tentang grafik dan gameplay. Dengan gambaran yang diambil kebanyakan dari Super Mario Bros. Dan gameplay yang identik dengan game flash populer, The Helicopter Game. 

Semua orang dapat memainkannya. Hanya 1 tindakan dalam Flappy Bird, tekan untuk menaikkan burung, dan lepas untuk menurunkan.

Tidak pernah selesai. Flappy Bird memiliki skor keseluruhan. Setiap pipa yang burung itu lewati anda akan mendapatkan poin. Tidak ada akhir dari pipa tersebut, dan kesulitannya tidak akan bertambah. Ini merupakan game perulangan tak terbatas yang orang-orang dapat mainkan.
Sangat susah. Tidak penting jika anda kalah pada pipa pertama. Pemain mendapatkan hasil yang layak ketika mendapat skor 30 atau 40. Walaupun game ini tidak terbatas, pemain dapat mendapatkan skor sampai 1000 lebih, menemui pemain yang mendapatkan skor 100 seperti menemui selebriti. Karena anda berakhir sangat cepat, game ini dibuat dengan perasaan “saya dapat melakukannya lebih baik.”

Cuma sekali lagi. Setelah setiap percobaan dan gagal terus menerus, pemain ingin mencobanya lagi dengan kecepatan dan dan kemudahan yang sama. Game dengan percobaan yang lebih panjang, seperti pelarian tanpa akhir yaitu Temple Run, memerlukan waktu lebih pada awal dan potensi investasi yang lebih besar. Jika anda berakhir pada pipa ke 2 dalam Flappy Bird, apakah dihitung? Sangat mudah kala pada setiap kali “Cuma sekali lagi” dan setiap kalah kurang dari 10 detik dan mencoba lagi ketika selesai hanya 2 kali menekan tombol.

Fenomena Flappy Bird. Pada kehidupan sosial, anda akan mencoba mengalahkan skor anda yang paling tinggi, dan menantang skor teman-teman anda dengan membagikan skor anda secara online. Menyebar seperti virus. Penjelasan mudah dan cepat pada Flappy Bird tiba-tiba sukses ketika menyebar. Ketika gamer youtube PewDiePie memainkan game ini di channelnya, tapi ini ketika 10 hari setelah menempati peringkat pertama pada App Store.

*maaf terjemahan saya kurang bagus.

Source
https://en.wikipedia.org/wiki/Flappy_Bird
http://tabtimes.com/why-flappy-bird-so-popular-13199
Share:

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget

Translate